Apa Itu Peternakan Penambangan Bitcoin?

Mungkin hal yang paling menarik, namun paling membingungkan tentang Bitcoin, adalah proses pembuatan yang disebut ‘penambangan’. Siapa pun yang memiliki komputer dapat menambang Bitcoin, tidak seperti mata uang fiat dunia yang hanya dapat dicetak dan didistribusikan oleh pemerintah. Bitcoin jauh lebih mirip dengan logam sebelumnya seperti emas, karena hanya dapat ditambang daripada dicetak sesuai permintaan, tetapi tentu saja, proses penambangannya benar-benar berbeda.

Apa itu Penambangan Bitcoin?

Penambangan Bitcoin adalah proses menggunakan perangkat lunak khusus untuk memecahkan masalah matematika dan mengeluarkan sejumlah Bitcoin sebagai gantinya. Ini tidak hanya menyediakan cara cerdas untuk mengeluarkan mata uang, tetapi juga menciptakan lebih banyak insentif bagi orang untuk menambang. Tanpa penambangan, Bitcoin tidak akan dapat berfungsi, karena penambang Bitcoin membantu menjaga keamanan jaringan dengan menyetujui transaksi. Tanpa itu, jaringan tidak akan stabil, aman dan aman seperti itu. Ini adalah proses menambahkan catatan transaksi ke buku besar publik Bitcoin dari transaksi masa lalu, yang lebih dikenal sebagai blockchain. Rantai ini berfungsi untuk mengonfirmasi transaksi ke seluruh jaringan dan mencantumkannya sebagai transaksi yang berhasil dilakukan.

Pada akhirnya, proses ini memungkinkan node Bitcoin untuk menggunakan teknologi blockchain untuk membedakan dan mengizinkan transaksi Bitcoin yang sah, dan untuk menghentikan upaya pembelanjaan ulang koin yang mungkin telah dihabiskan di tempat lain. Transaksi dibundel ke dalam blok, dan dari blok terbaru, hash diambil dan dimasukkan ke dalam blok baru – hash adalah jumlah besar yang mewakili transaksi blok, biasanya dalam algoritme SHA-256 yang terkait dengan Bitcoin . Dari sini, masalah Proof of Work terpecahkan, dan ketika solusinya ditemukan, blok baru ini ditambahkan ke blockchain lokal dan menjadi bagian dari jaringan.

Mengapa itu penting?

Menambang Bitcoin penting karena membantu mengamankan blockchain tempat Bitcoin berjalan. Tanpa penambangan, transaksi tidak akan pernah dikonfirmasi dan mata uang akan menjadi tidak stabil dan tidak dapat digunakan. Blockchain, pada intinya, adalah sejarah Bitcoin yang seluruhnya terdiri dari blok-blok yang terdiri dari kumpulan transaksi yang semuanya dilakukan pada waktu yang sama. Rata-rata, blok baru dibuat setiap 10 menit atau lebih, tetapi ini dapat bervariasi dari detik, hingga jam.

Saat menambang Bitcoin, komputer Anda akan mengubah semua data dari blok transaksi terbaru menjadi hash. Hash ini jauh lebih pendek dari data transaksi asli, dan seluruhnya terdiri dari serangkaian huruf dan angka. Namun, keamanan Bitcoin dan blockchainnya akan relatif mudah ditembus jika hash adalah satu-satunya persyaratan. Untuk menciptakan tingkat keamanan ekstra, ‘nonce’ dibuat – serangkaian angka nol di dalam hash – yang membutuhkan banyak iterasi untuk mendapatkan format hash yang benar. Setiap kali komputer mendapatkan hash yang diformat dengan salah, variabel nonce diubah dan komputer akan mencoba lagi.

Umumnya, ini akan membutuhkan miliaran upaya untuk menemukan hash yang benar, tetapi pada akhirnya komputer akan menemukan iterasi yang benar, yang disebut ‘menemukan blok’. Blok ini kemudian ditambahkan ke blockchain, dan setiap transaksi di dalam blok itu dikonfirmasi dan hadiah Bitcoin diberikan. Insentif ini membuat para penambang tetap menambang, yang pada akhirnya berfungsi untuk menjaga agar Bitcoin tetap dapat digunakan dan aman.

Apa itu Peternakan Penambangan Bitcoin?

Perkebunan Penambangan Bitcoin, cukup sederhana, adalah kumpulan rig penambangan yang semuanya didirikan di tempat yang sama. ‘Rig Penambangan’ adalah versi yang jauh lebih kuat dari sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (ASIC) – mesin yang dibuat khusus untuk menambang Bitcoin. ASIC terlemah seringkali hanya memiliki hashrate 1-3 GH/s (jutaan hash per detik) tetapi dalam kasus Pertambangan, Rig Penambangan seringkali memiliki kekuatan 1 TH/s, tetapi keuntungan yang dihasilkan sering kali harus pergi ke rig baru. Dengan kecepatan perubahan dalam Bitcoin secara keseluruhan, Pertambangan sering menjadi tidak menguntungkan sebelum terlalu lama, dan untuk terus menjalankan operasi Penambangan yang lengkap, Anda harus terus membeli rig dan mesin baru secara teratur. Namun terlepas dari risiko ini, Pertambangan Pertambangan memang ada, dan mereka yang menjalankannya menghasilkan keuntungan. Mereka sering kali harus memperhitungkan biaya listrik, tetapi peternakan ini masih berjalan, dan terus berkembang dan berkembang setiap hari.

Bitmain, Cina

Dari semua Pertambangan Pertambangan secara global, tambang Bitcoin di SanShangLiang Industrial Park di pinggiran Ordos adalah yang terbesar di dunia. 400 mil dari Beijing dan 35 mil dari kota Baotou, tambang ini tidak jauh dari jalan raya, tetapi berada di antara pabrik-pabrik setengah jadi yang terbengkalai yang hanyalah cangkang dari industri pertambangan batu bara yang pernah booming. Pertanian Bitcoin ini, bagaimanapun, berbuah seperti biasa dan milik Bitmain, sebuah perusahaan yang berbasis di Beijing yang tidak hanya menambang, tetapi juga membuat mesin penambangan yang dapat melakukan miliaran perhitungan per detik. Dengan delapan bangunan yang diisi dengan 25.000 mesin yang diawaki oleh 50 staf Bitmain, proses tersebut menghabiskan banyak sekali listrik yang dapat menjadi kejatuhan banyak Pertambangan Bitcoin.

Namun, tambang Cina ini didirikan di daerah yang menawarkan listrik murah. Tambang Ordos telah berjalan sejak 2014, tetapi baru diakuisisi oleh Bitmain pada 2015, dan sebagian besar ditenagai oleh pembangkit listrik tenaga batu bara. Sementara tagihan listrik harian dapat mencapai $39.000, jumlah Bitcoin yang ditambang oleh fasilitas ini setiap hari, disilangkan dengan nilai Bitcoin hari ini, berarti mereka mencapai titik impas dan kemudian menghasilkan keuntungan setiap hari juga. Para pekerja tinggal di tempat, dengan asrama dan dapur yang disediakan untuk mereka, dan dengan lingkungan yang bersih dan terkendali suhu, tempat kerja surealis ini adalah salah satu yang lebih baik untuk kesehatan mereka daripada beberapa industri lain di daerah tersebut. Lokasi yang dulunya banyak batu bara sekarang menjadi rumah bagi Pertambangan Pertambangan terbesar yang juga menghasilkan 4% dari kekuatan pemrosesan Bitcoin – pencapaian yang cukup untuk satu fasilitas, terutama dengan semakin populernya cryptocurrency secara keseluruhan.

Author: info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *