Melampaui Bitcoin: Penggunaan Alternatif Untuk Teknologi Blockchain

Bahkan jika Anda akrab dengan istilah bitcoin, Anda mungkin tidak akrab dengan istilah blockchain. Sebenarnya, itu adalah kesalahpahaman umum bahwa kedua hal itu adalah satu dan sama. Namun, teknologi blockchain sebenarnya adalah konsep revolusioner yang memungkinkan cryptocurrency seperti bitcoin. Meskipun paling terkenal dengan bitcoin, teknologi ini memiliki banyak kegunaan lain.

Apa itu teknologi blockchain?

Hal pertama yang pertama, kita harus memahami teknologi blockchain, termasuk apa itu dan bagaimana cara kerjanya. Teknologi Blockchain ditemukan oleh sekelompok orang yang sulit dipahami yang dikenal dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Pada dasarnya, teknologi adalah database besar yang didistribusikan di seluruh jaringan. Semua informasi di database dibagikan dengan anggota jaringan dan terus diperbarui. Manfaatnya sangat luas, tetapi salah satu keuntungan terbesar menggunakan teknologi blockchain adalah memungkinkan orang untuk mendistribusikan informasi tanpa menyalin informasi.

Sekarang kami telah menetapkan apa sebenarnya teknologi blockchain, berikut adalah beberapa cara yang telah digunakan dan beberapa potensi penggunaan teknologi blockchain di masa depan.

Cryptocurrency

Bitcoin adalah cryptocurrency yang membantu teknologi blockchain untuk membuat namanya. Teknologi Blockchain memungkinkan transaksi peer-to-peer dilakukan tanpa memerlukan otoritas pusat, seperti bank, yang diperlukan untuk transaksi tradisional. Setiap transaksi yang dilakukan menggunakan bitcoin dicatat dan disimpan dalam database blockchain. Informasi ini dapat dilihat oleh semua orang dalam jaringan dan, setelah disimpan, informasi tidak akan pernah dapat dihapus atau diubah. Ini membuat teknologi blockchain menjadi metode yang sangat transparan dan aman untuk menyimpan informasi. Sedemikian rupa sehingga sejumlah bank internasional mulai mengeksplorasi teknologi blockchain dan apakah itu dapat digunakan untuk membantu membuat pembayaran mereka sendiri lebih cepat dan lebih transparan. Beberapa contoh bank jalanan yang menggunakan atau berpikir untuk menggunakan teknologi blockchain termasuk Deutsche Bank, Barclays dan Santander.

Identitas Daring

Teknologi Blockchain dapat digunakan untuk segala bentuk pencatatan. Bahkan dapat digunakan oleh dokter di seluruh dunia untuk berbagi catatan medis, membantu mereka melacak dan memahami wabah penyakit dengan lebih baik. Meskipun ini akan menjadi langkah maju yang sangat positif untuk perawatan kesehatan dunia, ada kemungkinan masalah keamanan dengan menyimpan data medis pribadi dalam buku besar yang didistribusikan seperti blockchain. Langkah-langkah keamanan yang tepat perlu ditetapkan sebelum orang-orang terbuka untuk menyimpan catatan medis pribadi mereka di dalam blockchain.

Potensi penggunaan lain untuk teknologi blockchain yang telah mapan adalah menyimpan identitas online. Jika Anda mempertimbangkan situs tuan rumah seperti Air BnB, meskipun ada beberapa metode pengaturan, Anda tidak pernah tahu persis apa yang akan Anda temukan saat tiba di properti atau siapa tuan rumah. Jika situs ini menggunakan blockchain untuk menyimpan identitas host dan semua ulasan terkaitnya, baik dan buruk, itu akan mempersulit akun untuk menghapus dan mengunggah ulang jika mereka menerima umpan balik negatif. Dengan cara ini ada transparansi yang lebih besar ketika orang datang untuk memesan tempat tinggal, karena informasi yang disimpan dalam blockchain tidak dapat diubah atau dimanipulasi.

Catatan Properti

Salah satu cara teknologi blockchain sudah digunakan adalah untuk menyimpan catatan properti dan pendaftaran tanah. Teknologi Blockchain akan memungkinkan pengguna untuk memverifikasi siapa yang memiliki properti atau sebidang tanah dengan murah dan mudah. Saat ini, proses ini sangat memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan manusia karena dilakukan secara manual. Di luar masalah pembelian properti, pendaftaran tanah blockchain juga dapat melindungi masyarakat adat agar tanah mereka tidak diambil oleh pemerintah yang korup. Sering terjadi bahwa pemerintah di negara-negara yang kurang berkembang secara ekonomi mencoba untuk memindahkan penduduk asli dari tanah suci atau bersejarah, terutama ketika mereka memiliki akses ke sumber daya alam dalam jumlah besar. Republik Georgia menjadi salah satu negara pertama yang mulai menggunakan teknologi dengan cara ini dan diperkirakan banyak negara lain akan mengikuti jejak mereka.

Media

Ada banyak kegunaan blockchain di media, tetapi mungkin yang paling signifikan dari semuanya adalah kemampuan teknologi blockchain untuk memberdayakan pencipta independen. Saat ini, pembuat konten berada di bawah kekuasaan perusahaan besar ketika mereka ingin menjual dan memasarkan karya seni, buku, musik, atau film mereka. Platform seperti Apple Music, Netflix, dan Amazon mendapat untung besar dari kebutuhan artis untuk mendapatkan eksposur dan penjualan di platform mainstream. Jika teknologi blockchain diterapkan, artis dapat mengambil tanggung jawab untuk mengunggah dan mengelola konten dan pembayaran mereka sendiri dengan cara yang lebih cepat dan lebih menguntungkan bagi individu.

Author: info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *