Melihat Kembali Semua Kehancuran Bitcoin Sepanjang Sejarah

Bitcoin baru ada sejak 2008 tetapi dalam sejarah singkatnya telah menjadi berita utama beberapa kali. Ada beberapa kegunaan aneh dan luar biasa untuk bitcoin dan cryptocurrency telah menarik banyak perhatian pers, terutama karena mata uangnya sangat fluktuatif dan ada beberapa crash selama sejarahnya. Kami telah melihat kembali beberapa crash bitcoin yang paling terkenal.

April 2013 Meltdown

Tahun 2013 adalah waktu yang bergejolak untuk cryptocurrency dengan dua crash skala besar yang terpisah. Runtuhnya pertama melihat harga bitcoin turun dari $233 menjadi $67 hanya dalam 24 jam. Ini terjadi tidak lama setelah bitcoin menarik banyak perhatian pers, yang menarik minat masyarakat umum. Liputan media ini telah menyebabkan harga bitcoin meningkat menjadi lebih dari $200 untuk pertama kalinya. Namun, itu berumur pendek karena kecelakaan itu membuat harga jatuh. Beberapa mengatakan ini adalah cara untuk mengoreksi harga yang meningkat dengan cepat, sementara yang lain mengaitkan kecelakaan itu dengan masalah dengan Mt.Gox, yang pada saat itu merupakan pertukaran bitcoin terbesar di dunia untuk menjual dan membeli mata uang.

November 2013 Gelembung Bitcoin

Kemudian di tahun itu, setelah periode konsistensi di mana nilai bitcoin bertahan di sekitar $130, harga meningkat secara dramatis. Pada akhir November, Bitcoin dihargai sekitar $ 1.150 yang merupakan rekor tertinggi. Harga jatuh secara dramatis segera setelah itu, turun di bawah $500 sekali lagi. Harga meroket karena investor amatir mulai tertarik pada cryptocurrency. Regulator mulai menunjukkan bitcoin secara positif untuk pertama kalinya, alih-alih mengaitkannya dengan aktivitas kriminal, yang hanya membantu memicu minat pada koin. Sejumlah bursa baru, seperti Coinbase yang berbasis di AS, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya bagi siapa pun untuk membeli dan menjual bitcoin secara online. Akhirnya, gelembung ini pecah dan butuh bertahun-tahun sebelum bitcoin dapat pulih dari kehancuran ini dan mencapai penanda $1.000 sekali lagi.

Februari 2014 Kecelakaan Gunung Gox

Salah satu crash bitcoin yang paling berkesan adalah runtuhnya Gunung Gox. Harga bitcoin terus meningkat sejak gelembung meledak pada tahun 2013. Namun, semakin menurun pada Februari 2014 ketika mata uang turun sekali lagi dari $867 menjadi $439, penurunan hampir 50%! Setelah itu, nilai bitcoin tetap rendah hingga sekitar tahun 2016. Kecelakaan ini disebabkan oleh pertukaran, Mt. Gox, menjadi korban peretasan. Pertukaran harus menghentikan penarikan dan mereka kemudian mengungkapkan bahwa lebih dari 850.000 bitcoin telah dicuri oleh penjahat dunia maya. Jumlah itu sekarang akan bernilai sekitar $3,5 juta. Insiden ini menyebabkan kekhawatiran luas tentang keamanan bitcoin dan juga melemahkan likuiditas mata uang. Nilai bitcoin kemungkinan besar dirugikan selama bertahun-tahun setelah kehancuran besar ini, terutama karena kepercayaan publik terhadap mata uang telah sangat rusak. Orang-orang sekarang menunda penggunaan pertukaran bitcoin dan berinvestasi dalam mata uang.

Penjualan Musim Panas Juli 2017

Lewati beberapa tahun ke tahun 2017, saat ini bitcoin telah memiliki waktu untuk pulih dan nilainya melonjak ke level tertinggi baru. Pada awal 2017, nilai bitcoin mencapai di atas $1.000 untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun dan terus meningkat. Beberapa bulan kemudian, pada bulan Juni nilai cryptocurrency telah mencapai sekitar $3.000. Meskipun demikian, mata uang masih bergejolak seperti biasa dan turun tajam kembali ke sekitar $1.869. Kecelakaan itu disebabkan oleh rumor dan perdebatan tentang penciptaan cryptocurrency baru. Pengembang mengungkapkan keprihatinan tentang teknologi di balik bitcoin, mengklaim bahwa itu lambat dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya, seperti Ethereum dan Litecoin, tetapi tidak dapat memutuskan bagaimana meningkatkan teknologi. Menjadi jelas bahwa “garpu” di blockchain akan diperlukan. Hal ini menyebabkan ketidakpastian pasar dan penurunan harga sebagai tindakan pencegahan. Akhirnya, penciptaan cryptocurrency Bitcoin Cash baru diimplementasikan pada Agustus 2017 tetapi, ironisnya, hal itu berdampak kecil pada nilai bitcoin.

September 2017 Peraturan China

Ada lebih banyak berita buruk untuk bitcoin. Penurunan harga terbaru terjadi pada awal September tahun ini. Meskipun harga bitcoin terus meningkat setelah pulih dari ketidakpastian uang tunai bitcoin, kemudian turun 37% menyusul pengumuman China bahwa mereka akan melarang Penawaran Koin Awal (ICO). Pengumuman ini menimbulkan kekhawatiran luas bahwa negara tersebut, yang merupakan rumah bagi beberapa kolam penambangan dan pertukaran bitcoin terbesar di dunia, akan melarang mata uang sepenuhnya untuk memastikan stabilitas keuangan dan ekonomi.

Di masa depan, tidak diketahui apakah nilai bitcoin akan terus melambung tinggi atau apakah crash lain akan mengakhiri mata uang seperti yang kita ketahui.

Author: info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *