Perbedaan Antara Cryptocurrency

Penemuan internet, cryptocurrency, semakin berkembang baik dalam nilai maupun popularitas secara keseluruhan. Tidak terikat oleh geografi atau sistem perbankan kuno, mata uang digital ini semakin populer di era digital, dengan semakin banyak pengguna yang menghargai kecepatan dan potensi privasi serta anonimitas yang dapat diberikannya. Ada lebih dari 3000 cryptocurrency aktif saat ini, tetapi kami telah mengumpulkan beberapa yang paling menonjol di pasar mereka dan melihat lebih dalam apa itu dan apa yang dapat mereka tawarkan.

Bitcoin

Dibuat dan dirilis oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, Bitcoin bukan hanya yang pertama, tetapi juga yang terdepan dalam semua hal cryptocurrency. Dengan ribuan pedagang di seluruh dunia mulai menerima pembayaran bitcoin termasuk kasino online, WordPress.com, Microsoft, dan bahkan pengecer sandwich Subway, tidak dapat disangkal pengaruh dan dampak cryptocurrency ini terhadap pasar di seluruh dunia. Nilai tukar bekerja sekitar 1 bitcoin untuk setiap £3390,80, tetapi akan terus meningkat dalam beberapa bulan mendatang, atau bahkan mungkin berminggu-minggu. Pemimpin pasar ini memiliki kapitalisasi pasar terbesar hingga saat ini, duduk di sekitar $ 10 miliar yang lebih dari gabungan cryptocurrency lainnya.

Kebanyakan orang yang diperkenalkan dengan cryptocurrency sebagai sebuah konsep akan mendengar tentang Bitcoin terlebih dahulu, dengan yang lainnya disebut sebagai ‘altcoin’. Altcoin – kependekan dari koin alternatif – disebut demikian karena, secara sederhana, merupakan alternatif dari Bitcoin. Tidak dapat disangkal betapa suksesnya Bitcoin, dan dengan kemudahan dan keamanan yang disediakan Bitcoin, mudah untuk mengetahui alasannya.

Ethereum

Ethereum sendiri sebenarnya bukan mata uang yang sedang kita bicarakan di sini – sebenarnya, ini adalah Ether, cryptocurrency yang digunakan oleh platform Ethereum. Ethereum adalah platform terdesentralisasi, yang dirancang untuk mengeksekusi ‘kontrak pintar’ peer-to-peer. Berfokus pada sisi yang lebih teknis dari pengembangan blockchain, ini memungkinkan orang untuk membuat kode dan membuat kontrak tanpa melibatkan pihak ketiga. Itu dibuat oleh Vitalik Buterin dan diluncurkan pada tahun 2015, dan bahkan dipasarkan sebagai ‘cryptocurrency generasi berikutnya dan platform aplikasi terdesentralisasi’.

Membandingkan Ethereum dan Bitcoin secara praktis tidak mungkin hanya karena keduanya tidak sama. Dimana Bitcoin adalah mata uang itu sendiri, Ethereum adalah platform yang digunakan untuk membuat kontrak tanpa perlu pihak ketiga, menggunakan mata uang mereka sendiri yang disebut Eter. Tetapi pada akhirnya, Ethereum adalah alternatif pertama untuk Bitcoin, dan memiliki miliknya sendiri.

Riak

Sistem lain yang bertentangan dengan mata uang itu sendiri adalah Ripple. Dengan mata uang kriptonya sendiri yang disebut ‘riak’, Ripple adalah sistem penyelesaian bruto real-time, pertukaran mata uang, dan jaringan pengiriman uang. Dirilis pada tahun 2012, Ripple adalah sistem yang dibangun untuk menghubungkan bank, penyedia pembayaran, pertukaran aset digital, dan perusahaan untuk membantu menyediakan cara yang mudah dan tanpa gesekan untuk mengirim uang secara global tanpa perlu menggunakan infrastruktur lama yang digunakan oleh sebagian besar pembayaran.

Pertukaran instan, waktu nyata, dan andal membuat metode pembayaran yang aman, dan dengan biaya operasional dan likuiditas yang rendah, tidak mengherankan jika Ripple mendapatkan popularitas. Ripple saat ini berada di kapitalisasi pasar $ 243 juta, jaringan Ripple sudah diintegrasikan ke dalam bank yang hanya berfungsi untuk menaikkan harganya.

Mata uang

Tidak seperti Bitcoin, Monero adalah cryptocurrency yang sepenuhnya anonim. Mata uang digital pribadi ini memberi Anda kesempatan untuk mengelola dan mengontrol dana Anda sepenuhnya, tanpa ada pihak lain yang memiliki akses, atau mengontrol uang dan akun Anda. Semua transaksi dan akun Anda dijaga kerahasiaannya dan jauh dari mata orang lain, dan semua transaksi sama sekali tidak dapat dilacak – Bahkan telah diambil oleh pasar darknet karena keamanan dan anonimitasnya.

Monero menggunakan teknologi tanda tangan cincin yang memastikan hanya pengirim dan penerima yang akan melihat informasi tentang suatu transaksi. Dengan kapitalisasi pasar $ 138 juta, Monero digunakan sebagian besar, dan dengan setia oleh individu yang ingin menjadi penyamaran di web. Namun, di luar anonimitasnya, Monero terbatas dalam penggunaannya, meskipun dengan kurangnya batasan pada ukuran data, ada banyak ruang untuk tumbuh.

Berlari

Seperti Monero, Dash adalah cryptocurrency dengan fokus pada privasi dan anonimitas. Awalnya disebut Darkcoin, namanya diubah menjadi Dash dalam upaya untuk memindahkan reputasinya agar tidak dikaitkan dengan web gelap dan pasarnya. Dengan transaksi yang aman, pribadi, dan cepat, Dash menjadi semakin dikenal luas, meskipun mungkin tidak setinggi Bitcoin. Situs Dash, bagaimanapun, memiliki opsi untuk mengubah koin Dash Anda menjadi Bitcoin, sehingga kedua mata uang tersebut tidak terlalu berjauhan.

Dengan kapitalisasi pasar $77 juta dan peluncuran Dash Evolution, cryptocurrency menjadi semakin ramah pengguna. Dash dapat digunakan di sejumlah merchant yang berbeda, termasuk Toko web seperti Brave New Books, Bitstickers, dan Yipptee.

koin lite

Mungkin yang paling mirip dengan Bitcoin, Litecoin adalah cryptocurrency yang dibuat oleh mantan karyawan Google. Charles Lee menciptakan Litecoin sebagai alternatif Bitcoin, dan dapat ditambang, digunakan sebagai mata uang dan ditransaksikan untuk barang dan jasa dengan cara yang sama, atau serupa dengan rekan-rekannya. Bagi sebagian orang, Litecoin bahkan mungkin dianggap sebagai tiruan Bitcoin. Namun, ia menawarkan algoritma penambangan yang sama sekali berbeda dan transaksi yang lebih cepat dalam banyak kasus.

Tetapi dengan kapitalisasi pasar turun dari $1,2 miliar pada tahun 2013 ke posisi saat ini di $180 juta, Litecoin tampaknya kehilangan popularitas daripada memperolehnya. Ini diterima sebagai opsi pembayaran di beberapa tempat seperti AllThingsLuxury dan RetroTowers, tetapi cakupannya tidak seluas Bitcoin, atau beberapa alternatif lainnya.

Ada sejumlah alternatif cryptocurrency yang berbeda, dan dengan Bitcoin Cash yang masuk ke pasar, mudah untuk melihat seberapa jauh teknologi ini dapat berkembang. Apakah Bitcoin atau cryptocurrency lain berpotensi menjadi cryptocurrency masa depan? Kita harus menunggu dan melihat.

Author: info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *